Kenali POTENSI, Kembangkan dengan ORGANISASI

Sumberdaya manusia yang berkualitas akan memunculkan banyak peluang yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, baik dalam bidang ekonomi, politik, budaya, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Namun, jika kualitas SDM lemah maka peluang yang telah ada akan terbuang sia-sia. Untuk itu diperlukan sebuah perubahan dimana perubahan tersebut dimulai dari diri kita sendiri.

Banyak hal di dunia ini yang berada di luar kekuasaan kita, tapi kita senantiasa bisa menentukan perilaku kita dan mengontrol apa yang akan kita lakukan. Kesadaran tersebut akan memberikan dampak yang signifikan dalam hidup kita. Kita punya kemampuan menentukan apa yang akan kita perbuat. Kita punya kemampuan penuh untuk menentukan skenario hidup kita. Akan jadi apakah kita beberapa tahun yang akan datang. Dan pasti, akan ada pengaruh dari luar. Tapi Anda hanya dipengaruhi dan bukan ditentukan!

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Namun sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengenali potensi diri:
1. Kenali Diri Sendiri
Pikirkanlah apa kelebihan dan kekurangan kita.

2. Tentukan Tujuan Hidup
Mau jadi apa sih kita nanti?

3. Kenali Motivasi Hidup
Harus ada motivasi hidup untuk mendobrak semangat kita.

4. Hilangkan Negative Thinking
Hilangkan pikiran buruk dan berpikirlah bahwa nasib baik akan hinggap pada diri kita.

5. Jangan Mengadili Diri Sendiri
Jangan pernah menyalahkan diri sendiri maupun orang lain. Koreksilah diri sendiri, bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman kita untuk maju dan menjadi lebih baik.

6. Aktualisasikan Diri
Lakukanlah apa yang bisa kita lakukan dan tunjukan pada semua orang bahwa kita bisa melakukannya.

Banyak cara untuk mengenali potensi diri kita, selain dengan mengenali diri sendiri, bisa juga dilakukan dengan cara aktif dalam organisasi. Banyak orang berpikir bahwa organisasi hanya akan buang2 waktu saja, capek karna akan disibukkan dengan berbagai hal, dll. Namun dengan berorganisasi kita dapat mengenali banyak orang dengan kepribadian dan kemampuan yang berbeda, kita dapat pula mengukur kemampuan diri kita sendiri sekaligus mengenali pribadi kita masing-masing.

Banyak yang akan berubah dalam diri kita ketika kita mulai berorganisasi. Bagaimana kita menyikapi suatu masalah, bagaimana cara memulai sebuah pembicaraan, bagaimana memperlakukan setiap orang dengan sifat mereka yang berbeda-beda, bagaimana menangani sebuah acara, dan lain sebagainya. Dari situlah kita dapat mulai mengenali potensi diri kita, dimana letak kelebihan dan kekurangan kita, dan tentunya pikiran kita akan lebih berkembang dari sebelumnya.

Jangan pernah berdiam diri pada satu situasi, carilah pengalaman sebanyak-banyaknya. Karna pengalaman itu adalah guru yang paling ampuh untuk mengembangkan potensi diri kita.
Emm…mungkin hanya itu yang bisa aku tulis…selanjutnya terserah Anda!


0 Responses

yuk, bercuap :)