Hadapi Masalah Tanpa Emosi

Terkadang kenyataan memang sangat pahit dan menyakitkan. Memang sih, bisa jadi sesuatu yang menyakitkan banget kalo memang dari awal kita nggak mengharapkannya, atau bahkan kepikiran pun tidak. Tapi apapun itu dan sepahit-pahitnya kenyataan memang harus dihadapi, bukannya malah melarikan diri. Iya nggak sih?!
Hehehe… tapi kadang aku masih suka melarikan diri lho…
Habis nggak kuat sih…!!
Ya… meskipun aku suka melarikan diri, tapi biz puas melarikan diri…aku slalu berusaha nyelesaiin itu kok. Ya iya lah, masa nggak sih? Ntar malah nggak selesai2 masalahnya…
Oh ya, neh aku ada tips tuk ngatasin masalah2 yang suka nimbrung dalam hidup kita… hehe… pengalaman pribadi juga sih…!
1. Kalo lagi ada masalah, perhatikan dan cermati baik2 apa inti permasalahnya, cari akar2nya, karna yang paling tau masalah kita ya kita sendiri. Ingat!! Jangan cuma tau masalahnya dari satu sumber (alias dari sudut pandang kita aja), tapi juga dari sudut pandang orang lain. Biar nggak salah penafsiran alias salah paham.
2. Kalo udah ketemu akar permasalahannya, jangan emosi! Pikirkan baik2 apa yang harus kita lakukan… kalo nggak ketemu2,, refreshing dulu…hahaha… biar pikiran kita jadi fres gitu. Ntar kalo udah fres mulai mikir lagi. Dijamin 100% kamu bakal dapet jalan untuk masalahmu. Pikirkan solusi terbaik untuk masalahmu.
3. Biz ketemu jalan keluarnya, kamu bicarain baik2 ma lawan dari masalahmu (orang kedua). Ingat lho… jangan emosi. Kalo lawanmu masih ngotot dengan argumen2nya dan solusi terbaik untuk masalahmu (kamu n lawanmu) nggak bisa diambil, pikirkan yang terbaik buat kamu, bukan buat lawanmu.
4. Terakhir, perhatikan reaksi lawanmu… biz itu terserah Anda alias ambil keputusan sebijak mungkin. Karna itu adalah yang terbaik buat kamu.
Hahaha… kayaknya kok aneh banget ya tipsku yang ini… garing banget! Tapi nggak pa2, biar aja garing, yang penting masalahku bisa terselesaikan dan aku juga seneng dengan keputusanku. Hehehe...

Pokoknya sukses deh buat kalian yang punya seabreg masalah!!

Satu pesanku!!
“Semua masalah pasti bisa diselesaikan, jangan pake emosi, tapi pake otak”

Hahaha…. Nggak banget deh!! Aneh ne aku…


0 Responses

yuk, bercuap :)