Aku - Ketika SMP (Part 2)


Bagian ini bikin aku ketawa dan terheran-heran, judulnya "What's your type?". Berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan membawamu menuju sebuah jawaban dimana itu adalah diri kamu. Kalo nggak salah dulu aku ambil pertanyaan-pertanyaannya dari Suara Merdeka minggu. Aku nggak tau seakurat apa hasil dari kuis ini, tapi mari kita lihat seperti apa diriku saat SMP.

Kuis pertama, "Apa kamu usil?". Dan jawaban yang kudapatkan setelah menjawab 10 pertanyaan adalah:
"Kamu bener-bener orang yang penuh inisiatif dan aktifitas. Kamu selalu punya ide dan selalu punya kekuatan plus keberanian untuk sungguh-sungguh mewujudkannya. Biasanya, orang jenis ini juga akan melakukan apa saja dengan baik. Kamupun bakal jadi orang kreatif yang nggak pernah bisa diam. Kadang kamu melakukan sesuatu berdasar iseng aja, tapi nggak disangka hasilnya ternyata bagus di luar dugaan. Semua tokoh sukses punya bekal ini. Yang perlu kamu lakukan hanya mengemudikan semua keisengan kamu ke jalan yang benar. Kalau nggak, kamu cuma bakal buang-buang energi percuma."
Ya, itu jawaban yang kudapat.


Kuis kedua, "Di zona mana kamu berada?". Dari 10 soal, kudapatkan jawaban ZONA PEDE, ini jawabannya:
"Ratu bilang ~Walau pedih, tapi kubaik-baik saja...~. Demikianlah motto hidup kamu. Dalam keadaan seburuk apapupun, kamu yakin akan tetap oke-oke aja karena, well, manusia memang nggak sempurna kan? Pede bukan berarti berani pake kaos kaki beda warna atau datang ke resepsi pernikahan bersandal jepit. Pede adalah keadaan ketika kamu bisa menerima kekurangan secara wajar dan apa adanya. Kamu pede karena kamu nggak gampang terluka saat ketemu masalah atau kemalangan."
Kuis ketiga, "Loner, trendi, or anak geng?". Lagi-lagi 10 soal dan jawabannya adalah:
"Kamu termasuk orang yang suka menyendiri. Bagimu kesepian dan kesendirian kadang-kadang bisa jadi teman yang sangat menyenangkan. Plusnya, karena lebih sering sendiri dan ngehabisin waktu tanpa orang lain, kamu juga kerap menghadapi/ menjalani apapun seorang diri. Secara nggak langsung kamu jadi lebih mandiri dan nggak terlalu gampang minta tolong tiap kali ngadepin problem. Minusnya, kamu nggak bisa percaya ama orang lain. Padahal, manusia kan makhluk sosial. Kita dituntut, suka nggak suka, untuk saling bantu, bekerja sama dan saling percaya."
Kuis keempat, "Depresi? Masa sih?". Jawaban yang kudapatkan,
"Tenang aja, kamu nggak depresi kok. Apalagi kamu tipe orang yang sering 'nggampangin' masalah. Masalah apa aja, buat kamu, gampang. Orang-orang kayak kamu jarang terkena depresi, karena tahu apa yang mesti dilakukan jika sedang ketiban masalah. Terusin aja sikap positif itu."
Kuis kelima, "Yang pinter baca situasi....". Jawaban yang kudapatkan,
"Kamu itu pinter banget baca situasi dan kondisi sikap keukeuh-mu kadang bisa berubah jika situasi nggak memungkinkan. Kamu orang yang fleksibel, yang tahu gimana mesti bersikap. Dan itu jelas bukan kriteria orang plinplan. Justru sikamu yang mudah menyesuaikan diri itu membuat kamu gamang banget diterima dalam pergaulan. Terusin aja,,"
Kuis keenam, "Si Pembosan or orang yang punya kehidupan FIT?". Jawaban yang kudaatkan,
"Kamu moody banget. Emang nggak plinplan dan nggak gampang terpengaruh, tapi kamu melakukan semuanya berdasarkan suasana hati. Kalau pas good mood, kamu bisa jadi teman yang menyenangkan. Tapi kalau lagi bad mood, kamu bisa jadi monster. Kamu jadi pembosan atau enggak, tergantung sama hati kamu."
Kuis ketujuh, "Selalu penuh harapan dalam menyongsong masa depan atau sebaliknya?" . Jawaban yang kudapatkan,
"Kamu sangat hati-hati dan perfeksionis. Kamu nggak suka berhara bukan karena kamu pesimis atau penakut, melainkan karena segalanya harus kamu perhitungkan dengan teliti untung ruginya sebbelum mengerjakan sesuatu. Pribadi kamu sangat cocok dengan pekerjaan yang butuh kepastian dan keakuratan kayak tenttara, ilmuwan, atau pialang saham bursa efek."
Kuis kedelapan, "Butuh teman atau nggak?". Jawaban yang kudapat,
"Kamu orang yang punya pandangan bagus tentang pertemanan, kamu sangat menjunjung arti sebuah pertemanan, tapi nggak begitu tergantung dengan mereka. Baik buruk sebuah pertemanan udah banyak dirasain, so kamu punya sikap waspada yang nggak terlalu over, semisal suatu hari mereka bakalan membuat kita jatuh. Nah, kalau punya masalah, kamu mampu buat nyelesaiin sendiri seiring waktu berjalan. Kamu nggak bakal ngurusin urusan orang lain kalau masalah itu nggak ada sangkut pautnya denganmu. Pantas banget kalau temen-temen pada suka bergaul sama kamu. Selamat deh!"
Kuis kesembilan, "Pandai ngadepin pilihan, plin-plan, or yang pilih-pilih?". Jawaban yang kudapat,
"Kamu nggak pernah susah karena pilihan, tiap kali ngadepin situasi harus memilih, kamu udah tahu pasti mana yang akan kamu ambil. Sebab karena pede banget, kamu juga tahu mana aja yang baik dan mana yang nggak baik buat kamu. Itu hal baik yang harus terus dipupuk. Namun, over confidence nggak pernah baik. Tetaplah pikir baik-baik sebelum ambil keputusan. Karena kadang hidup ini penuh jebakan."

Yap, habis sudah isi binder biruku yang penuh dengan kejutan (LOL). Semoga saat ini aku masih mau dan bisa berpikir bahwa aku lebih pintar dan kreatif dari pada aku yang dulu. I must be it!
0 Responses

yuk, bercuap :)